Paroki Santo Yohanes Maria Vianey Halong

Umat Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong dan Paroki St. Joseph – Passo Merajut Persaudaraan Sejati Lewat Rally Rosario

Rally Rosario KBK Paroki Marvey - Halong & KBK Paroki St. Joseph - Passo
Umat Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong dan Paroki St. Joseph – Passo Merajut Persaudaraan Sejati Lewat Rally Rosario

Rally Rosario yang digelar atas kerjasama Kaum Bapak Katolik Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong dan Kaum Bapak Katolik Paroki St. Joseph – Passo, Keuskupan Amboina, berlangsung khusyuk penuh makna iman.

Pada kesempatan itu, Ir. Rulien Evrien Purmiasa yang menjabat sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Kota Ambon mewakili Penjabat Walikota Ambon membuka sekaligus melepas peserta rally di Gereja St. Antonius – Halong pada hari Sabtu (28/10/2023). Peserta melakukan perjalanan rohani sambil mendaraskan doa dan devosi serta melantunkan lagu pujian kepada Bunda Maria menuju Gereja St. Joseph – Passo.

Pastor Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong, RD. Cayetanus Andreas Masriat yang biasa disapa Pastor Novly, dalam sambutannya mengatakan Rally Rosario merupakan bagian dari memaknai bulan oktober sebagai bulan Rosario dalam tradisi Gereja Katolik. Lanjut beliau, kegiatan ini penting untuk mengokohkan iman umat, sehingga dapat membangun cinta kepada Maria sebagai Bunda Penyelamat dan cinta pada doa Rosario. Umat semakin mengimani dan meneladani Bunda Maria sebagai Bunda Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga untuk menguatkan persaudaraan sejati antar umat Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong secara intern maupun bersama umat Paroki St. Joseph – Passo.

Ketua Panitia Penyelenggara, Sacramento Kembaren dalam laporannya menyampaikan kegiatan Rally Rosario ini sesuai hasil registrasi peserta, diikuti oleh 34 Regu dengan total peserta ±1157 peserta yang berasal dari umat Stasi, Rukun, dan Kelompok Kategorial dalam wilayah Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong dan Paroki St. Joseph – Passo. Selain umat kedua paroki ini, kegiatan Rally Rosario juga diikuti oleh OMK Paroki St. Yosep – Poka dan OMK Paroki St. Ignatius – Laha, para Frater Seminari Tinggi St. Fransiskus Xaverius, Poka – Ambon, para Suster serta Mahasiswa STPAK St. Yohanes Penginjil – Ambon. Pada kesempatan itu pula, Bpk. Sacra yang juga menjabat sebagai Ketua Kaum Bapak Katolik Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengurus dan anggota KBK Marvey & KBK Passo atas sumbangan pikiran, waktu dan tenaga serta bantuan materiil. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pihak LANTAMAL IX serta semua pihak atas segala dukungan dan kerjasama yang baik bagi suksesnya kegiatan Rally Rosario.

Di sela acara seremoni pembukaan, anak-anak Remaja dan OMK Rukun St. Yosep – Halong menyuguhkan Tarian “Traditional Dance to Worship The Virgin Mary” yang mengundang perhatian dan decak kagum semua peserta dan undangan yang hadir.

Pelaksanaan kegiatan rally ini juga mendapat dukungan penuh dari petugas medis dan sejumlah personil TNI – POLRI dan SATLINMAS dari wilayah setempat yang turut berjaga, sekaligus memastikan kondisi pelaksanaan kegiatan di malam itu berjalan lancar, aman dan tertib.

Di titik tertentu dari rute perjalanan, setiap regu diberikan kesempatan berhenti sesaat pada pos yang ditentukan untuk menjawab sejumlah pertanyaan Quiz yang diberikan panitia. Garis besar pertanyaan terkait pengetahuan peserta tentang Bunda Maria dan Doa Rosario.

Setelah menempuh perjalanan yang memakan waktu hampir 6 jam lamanya, regu/kelompok peserta terakhir akhirnya tiba di Gereja Paroki St. Joseph – Passo sekitar pukul 04.00 WIT. Tiap regu masing-masing kemudian diberikan kesempatan melakukan penghormatan kepada Bunda Maria lewat Doa dan Devosi. Umat juga memberikan Derma/Kolekta pada kotak yang telah disediakan di depan Arca Bunda. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut akhirnya ditutup dengan persembahan misa syukur, yang dipimpin langsung oleh RD. Novly Masriat, RD. Leo Bas, dan RD. Costan Fatlolon, pada Minggu (29/10/2023) pagi.

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *