Paroki Santo Yohanes Maria Vianey Halong

REKOLEKSI KELUARGA KATOLIK DAN PASANGAN CALON NIKAH KATOLIK PAROKI SANTO YOHANES MARIA VIANNEY – HALONG

REKOLEKSI KELUARGA KATOLIK DAN PASANGAN CALON NIKAH KATOLIK PAROKI SANTO YOHANES MARIA VIANNEY – HALONG

Kerjasama Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Keuskupan Amboina – Wilayah Kota Ambon,dan Paroki Santo Yohanes Maria Vianney – Halong

            Melalui kolaborasi dan kerjasama Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Keuskupan Amboina – Wilayah Kota Ambon, dan Paroki Santo Yohanes Maria Vianney – Halong, telah digelar Rekoleksi Keluarga Katolik dan Pasangan Calon Nikah Katolik. Rekoleksi yang digelar pada hari Sabtu (4/05/2024) bertempat di Gereja Santo Antonius – Halong, Kompleks LANTAMAL IX Ambon dihadiri oleh Uskup Diosis Amboina, Mgr. Seno Ngutra, Vikaris Jenderal Keuskupan Amboina, RD. Anton Kewole Lerek, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Bapak H.R.A. Facheurosy Hassanusi, S.Fils, M.Si., Kepala Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Bapak Cornelis Rumfaan, M.Pd beserta staf. Peserta rekoleksi berjumlah 150 Pasutri dan Pasangan Calon Nikah Katolik yang berasal dari umat Paroki St Yohanes Maria Vianney – Halong meliputi Stasi St. Antonius – Halong, Stasi St. Paulus – Hative Kecil Galala, dan Stasi St. Mikhael – Tantui.

            Rekoleksi Keluarga Katolik yang bertemakan “Rancangan Tuhan Untuk Pasangan Suami-Isteri” diawali dengan laporan oleh Kepala Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Bapak Cornelis Rumfaan, M.Pd. Dalam laporannya, beliau menyampaikan bahwa Kantor Kemenag kota Ambon berupaya untuk selalu bersinergis dengan Keuskupan Amboina, khususnya wilayah Kota Ambon. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya rekoleksi ini dimana dipilih Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong sebagai tuan rumah penyelenggara. Lanjutnya, beliau menyampaikan bahwa tujuan mendasar rekoleksi ini adalah demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan jiwa umat manusia. Beliau berharap semoga bantuan anggaran yang diberikan memberikan dampak positif dan nyata bagi pengembangan iman umat secara khusus bagi para keluarga Katolik di Paroki Halong.

            Rekoleksi Keluarga Katolik dibuka secara resmi oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kota Ambon. Dalam sambutannya, beliau merasa senang dan bahagia atas pengalaman dalam kerjasama kegiatan rekoleksi ini. Beberapa pesan yang beliau sampaikan antara lain: Pembinaan keluarga pada prinsipnya adalah untuk mencapai kebahagiaan. Kebahagiaan berawal dari dorongan niat tiap orang. Kebaikan yang mutlak adalah tujuan hidup manusia, sehingga tiap insan manusia harus berupaya menciptakan dan mencapai suatu kebahagiaan, karena keinginan Tuhan adalah melihat manusia bahagia. Kunci kebahagiaan adalah bersyukur, maka Keluarga Katolik patutlah selalu bersyukur atas segala rahmat dan karunia Tuhan. Harapan beliau semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi umat paroki khususnya pasutri yang mengikuti kegiatan ini. Menutup sambutannya, beliau memohon maaf jika ada kekurangan dan keterbatasan dalam kolaborasi dan kerjasama kegiatan ini.

Dalam sapaan kasih yang disampaikan oleh Yang Mulia Uskup Diosis Amboina, Mgr. Seno Ngutra, beliau menyampaikan bahwa terselenggaranya rekoleksi keluarga Katolik ini merupakan bentuk ungkapan rasa cinta Kantor Kemenag Kota Ambon bagi umat Katolik di Kota Ambon. Pasangan suami isteri diharapkan menggunakan moment ini untuk mensyukuri rahmat Tuhan selama perjalanan tahun- tahun perkawinan. Rekoleksi ini  adalah cara Tuhan untuk ingin meneguhkan anda saat ini dan kehidupan selanjutnya. Bahwa ada suka dan duka selama menjalani kehidupan perkawinan, maka “Pasutri patut menyadari bahwa bukanlah hebatnya anda tetapi karena cinta Tuhan untuk menghendaki anda tetap langgeng”, lanjut Bapa Uskup. Uskup Diosis Amboina menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak Kantor Kemenag Kota Ambon, Cq. Penyelenggara Katolik Kemenag Kota Ambon. Menutup sapaannya, Bapa Uskup mengharapkan semoga ke depan kegiatan seperti ini juga dapat dilakukan di paroki lain, terutama bagi anggota kelompok kategorial. Bapa Uskup juga menyampaikan terima kasih kepada Pastor Paroki dan Dewan Pastoral Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong, panitia penyelenggara, dan seluruh peserta  atas terselenggaranya kegiatan rekoleksi ini.

            Acara seremoni pembukaan ditutup dengan pemberian sertifikat secara simbolis oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon kepada perwakilan Pasutri. Beliau juga menyerahkan bantuan kepada Paroki St. Yohanes Maria Vianney – Halong yang diterima langsung oleh Pastor Paroki serta memberikan cinderamata kepada Bapa Uskup Diosis Amboina.

            Sessi rekoleksi diawali dengan pemberian materi bagi peserta oleh Bapa Uskup tentang rancangan Allah bagi pasangan suami isteri dan dilanjutkan dengan materi oleh RD. Anton Kewole Lerek didampingi oleh Tim. Rekoleksi ditutup dengan Perayaan Misa dan Adorasi Penyembuhan, dilanjutkan dengan santap kasih bersama. (Jo Rawulun)

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *